RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : BAHASA
CIREBON
Kelas : IV
Semester : I
Standar Kompetensi
4.1
Mampu
menyimak, memahami, serta menanggapi berbagai jenis wacana lisan berupa
pengumuman, dongeng, wangsalan dan parikan
Kompetensi Dasar
4.1.1 Menyimak pengumuman
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-
Menyimak
isi pengumuman yang disampaikan guru
-
Menceritakan
hal-hal yang menarik dari isi pengumuman
-
Menanggapi
isi pengumuman
I.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Berdasarkan bahan bacaan, peserta didik dapat memahami isi pengumuman yang dibacakan
guru
2.
Dengan
menggunakan metode ceramah dan kerja kelompok, peserta didik dapat menjawab pertanyaan lisan dari guru
3.
Terlibat dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat
menguasai materi pelajaran
II.
Materi Ajar
A. Ngrungokaken Wawaran
Uwar-Uwar
Dikususaken kangge sedanten
mawon murid kelas VI, V, uga kelas VISD Bayongbong, utamine ingkang milet dados
anggota Pramuka
1. Anggota
Pramuka Penggalang sing wekel latihan
2. Angsal
idin saking tiyang sepuh
3. Bregas
lan waras.
4. Pendaptaran
ditutup tanggal 10 Agustus minggu ajeng.
5. Ngisi
pormulir
6. Ndaptare
saged teng mama utawa mimi guru kelas.
Mekaten uwar-uwar sampun kula waosaken. Bilih
wonten ingkang dereng jelas, langkung sae mangga saged maos teng papan
uwar-uwar.
Matur kesuwun.
Bayongbong,
1 Agustus 2010
Pembina
Pramuka
Kang Sarkawi
III.
Alokasi
Waktu
2 X 35 Menit ( 1 X Pertemuan)
IV.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Kerja kelompok
4. Resitasi
V.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendidik
|
Kegiatan Peserta Didik
|
Karakter
|
Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
|||
1.
Mengisi daftar kelas
2.
Mempersiapkan materi ajar
3.
Melakukan pembiasaan dengan menunjuk ketua kelas memimpin do’a serta
mengkondisikan ke dalam situasi yang kondusif.
4.
Guru memberikan
apersepsi dan motivasi dengan tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan
dipelajari.
|
1.
Ketua kelas memimpin berdo’a
2.
Siswa berdo’a sebelum memulai kegiatan pembelajaran
3.
Siswa mempersiapkan buku, alat tulis dan LKS
4.
Siswa menyimak apersepsi yang diberikan guru
|
Disiplin
Religius
Terbuka
|
10 menit
|
B.
Kegiatan
Inti
|
|
||
Eksplorasi
1.
Guru membacakan isi pengumuman/wawaran dengan judul Ngrungokaken Wawaran
2.
Guru bertanya kepada siswa berkaitan dengan isi wawaran yang telah dibacakan
3.
Untuk memperdalam pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan, guru
mengulang kembali pembacaan wawaran.
Elaborasi
1.
Guru menugaskan siswa untuk melakukan diskusi dengan teman sebangkunya
untuk menuliskan hal-hal menarik yang ada dalam pengumuman yang tadi
dibacakan guru
2.
Guru meminta siswa untuk membacakan hasil diskusinya dengan teman
kelompoknya di depan
3.
Kemudian guru menugaskan siswa untuk mengerjakan soal yang ada di halaman
3 Genau Basa Lan Sastra Cerbon
Konfirmasi
1.
Guru
melihat proses pengerjaan soal siswa
2.
Guru
membantu penyelesaian masalah pada siswa
|
1.
Siswa menyimak guru membacakan wawaran
2.
Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru
3.
Siswa kembali menyimak
1.
Bersama teman satu bangku siswa melakukan kerja sama untuk menuliskan hal-hal menarik dari pengumuman
2.
Beberapa siswa
maju ke depan untuk membacakan hasil diskusi
3.
Siswa
mengerjakan tugas yang diberikan guru
1.
Siswa mengerjakan soal dengan teliti
2.
Siswa mendengarkan pengarahan dari guru terhadap tugas yang dikerjakannya
|
Rasa ingin
tahu
Kreatif
Gemar Membaca
Tanggung-jawab
Bersahabat
Menghargai
prestasi
|
50 menit
|
C,
Penutup
|
|
||
1.
Guru
memberikan kesimpulan pelajaran
2.
Guru memberi tugas/PR
3.
Guru menutup kegiatan pembelajaran dan
dilanjutkan dengan berdo’a bersama
siswa
|
1.
Siswa mencatat PR di buku catatanya masing-masing
2.
Siswa berdo’a
|
Mandiri
Religius
|
10 menit
|
VI.
Penilaian
Hasil Belajar :
Teknik penilaian : Tes
Lisan
Tes Tertulis
Bentuk penilaian : Uraian
Contoh
Instrumen
No
|
Soal
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
Sapa sing maca uwar-uwar mau?
|
Carsoni
|
20
|
2
|
Tanggal pira uwar-uwar iku ditulis?
|
1
Agustus 2010
|
20
|
3
|
Wawaran
iku ditujuaken kanggo sapa?
|
Murid
kelas IV, V, VI
|
20
|
4
|
Sebutaken kagiatan-kagiatan sajerone kemah!
|
Blajar
mandiri, ngliwet dewek, ngumbah dewek, cerdas tangkas, geni unggun, lan
sejen-sejene.
|
20
|
5
|
Sapa arane Pembina Pramuka?
|
Kang Sarkawi
|
20
|
VII.
Sumber Belajar dan Media
Sumber belajar:
1.
Genau Basa Lan Sastra
Cerbon Kangge SD/MI Kelas IV, Muadim WT,
Media:
1. Visual
2. Papan tulis
Cirebon,
Desember
2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran
NIP: NIP
ok
ReplyDelete