RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : BAHASA CIREBON
Kelas : IV
Semester : I
Standar Kompetensi
4.2
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan
secara lisan dalam menyampaikan permintaan, bertegur sapa, mengkritik atau
memuji, dan bercakap-cakap dalam telepon.
Kompetensi Dasar
4.2.4 Bercakap-cakap dalam telepon dengan menggunakan bebasan.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
-
Menyampaikan salam dengan kalimat bebasan dalam memulai percakapan
telepon
-
Bercakap melalui telepon dengan bebasan
I.
Tujuan Pembelajaran
1. Berdasarkan bahan bacaan,
peserta didik dapat memahami isi percakapan dalam telepon
2. Dengan
menggunakan metode tanya jawab dan kerja kelompok, peserta didik dapat menjawab
pertanyaan lisan dari guru
3. Terlibat dalam kegiatan
pembelajaran, peserta didik dapat membuat sebuah percakapan sederhana dalam telepon
II.
Materi Ajar
A.
Wacaan
NGENGGO TELEPON
Liburan
sekolah Andi diajak kesah keluargane teng Tangkuban Perahu Lembang, Bandung.
Sesampune dugi teng ngriku Andi pengen nelpon teng rencang-rencange diantawise
Erin.
Andi : “Halo, Assalamu’alaikum Wr.Wb”
Erin : “Waalaikumsalam Wr.Wb, punten niki
sinten yah?”
Andi : “Kula Andi, Rin”
Erin : “Andi pundi yah?”
Andi : “Masa kesupen, Andi rencang sakelase
sira!”
Erin : “Oh...Andi Darusman yah! Maaf disangka
sinten, tumben sih sira nelpon”
Andi : “Enggih Rin kula wonten teng Bandung
siweg liburan sareng keluarga”
Erin : “Wah...Hebat pisan Di! Teras sampun
teng pundi mawon?”
Andi : “Wau enjing kula sampun kesah teng
Tangkuban Perahu, Rin, wah hawane
atis pisan Rin! Lan dalane belak-belok,
munggah-mudun”
Erin : “Oh mekaten, terus wonten napa mawon
teng riku?”
Andi
: “Wonten pemandangan sing indah
pisan, kawah gunung, tiyang sadean
switer lan cendramata sing murah-murah”
Erin : “Atuh Erin kabagiann ya Di?”
Andi
: “Insya Allah Rin, mengkin kula
tumbas akeh yah!”
Erin : “Kesuwun ya Di, oh ya Di niki wonten
rencang-rencang teng ngriki, ajeng ny
nyarios mboten?”
Andi : “Oh maaf Rin pulsa pulsa kula sakedik
malih, salam mawon ya kangge
Sadayane, mengkin kula dugi mesti cerita”
Erin
: “Enggih Di, kesuwun, ati-ati yah!”
Andi
: “Sampun atuh Rin, mekaten mawon,
salam kangge Mimi lan Ramane Erin.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb”
Erin : “Waalaikumsalam Wr. Wb
III.
Alokasi Waktu
2
X 35 Menit ( 1 X Pertemuan)
IV.
Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Sosio drama dan bermain peran
4.
Resitasi
V.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Pendidik
|
Kegiatan Peserta
Didik
|
Karakter
|
Waktu
|
A. Pendahuluan
|
|||
1.
Mengisi daftar kelas
2.
Mempersiapkan materi ajar
3.
Melakukan pembiasaan dengan menunjuk
ketua kelas memimpin do’a serta mengkondisikan ke dalam situasi yang
kondusif.
4. Guru memberikan
apersepsi dan motivasi dengan tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan
dipelajari.
|
1.
Ketua kelas memimpin berdo’a
2.
Siswa berdo’a sebelum memulai kegiatan
pembelajaran
3.
Siswa mempersiapkan buku, alat tulis dan
LKS
4.
Siswa menyimak apersepsi yang diberikan
guru
|
Disiplin
Religius
Terbuka
|
10
menit
|
B. Kegiatan Inti
|
|||
Eksplorasi
1.
Guru menunjukan telepon pada siswa dan
fungsinya dalam kehidupan
2.
Guru menjelaskan cara berbicara di
telepon dengan menggunakan bahasa yang sopan dan baik
3.
Guru bertanya kepada siswa berkaitan
dengan materi yang diajarkan
4.
Untuk memperdalam pemahaman siswa
terhadap materi yang diberikan, guru memberikan contoh bercakap-cakap dalam
telepon dengan menggunakan bebasan
Elaborasi
1.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk
membacakan wacaan dengan judul Ngenggo Telepon
2.
Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan
latihan pada PESAT Kelas 4 di halaman 54 dan 55
Konfirmasi
1. Guru melihat proses pengerjaan soal siswa
2. Guru membantu penyelesaian masalah pada siswa
|
1.
Siswa menyimak penjelasan dari guru
2.
Siswa mengikuti apa yang diucapkan guru
3.
Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan
guru
4.
Siswa kembali menyimak cara guru
bercakap-cakap dalam telepon dengan menggunakan bebasan
1. Siswa yang ditunjuk oleh guru maju untuk membacakan wacaan di depan
2. Siswa mengerjakan latihan yang diberikan guru
1.
Siswa mengerjakan soal dengan teliti
2.
Siswa mendengarkan pengarahan dari guru
terhadap tugas yang dikerjakannya
|
Rasa
ingin
tahu
Peduli
sosial
Gemar Membaca
Tekun
Kerja keras
Jujur
Ketelitian
|
50 menit
|
C, Penutup
|
|||
1. Guru memberikan kesimpulan pelajaran
2. Guru memberi tugas/PR
3.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dan dilanjutkan dengan berdo’a bersama siswa
|
1.
Siswa mencatat PR di buku catatanya
masing-masing
2.
Siswa berdo’a
|
Mandiri
Religius
|
10
menit
|
VI.
Penilaian Hasil Belajar :
Teknik penilaian : Tes
Lisan
Tes
Tertulis
Bentuk
penilaian :
Uraian
Contoh Instrumen
I.
Paien
tanda ping (x) ning aksara A, B, C utawa D kang dianggap bener!
1.
Lamun sira nrima telpon ana suara Assalamu’alaikum Wr. Wb
jawabe kang tepat yaiku...
A.
Mangga B. daweg C.
walaikum salam D. rampes
2.
Alat komunikasi jaman kien kang gampang digawae yaiku...
A.
radio B.
tv C. hp D. Tip
3.
Ngomong ning telepon kudu kang...
A.
melung B. alon-alon C. sopan D.
Balap
4.
Tembung bebasane “Mlayu” yaiku...
A.
mlajeng B.
mlapah C. mlaku D. Mlayu
5.
Tembung walikane parek yaiku...
A.
duwur B.
parek C. ado D. Cendek
Kunci
Jawaban
Penyelesaian
|
Skor
|
|
1
|
C
|
10
|
2
|
C
|
10
|
3
|
C
|
10
|
4
|
A
|
10
|
5
|
C
|
10
|
II.
Jawaben
pitakon-pitakon ning sor iki kelawan bener!
No
|
Soal
|
Penyelesaian
|
Skor
|
1
|
Andi nitip
salam kangge sinten teng Erin?
|
Mimi lan Mamae Erin
|
10
|
2
|
Punapa mawon
sing ditangledaken Erin teng Andi?
|
Wonten punapa teng Tangkuban Perahu
|
10
|
3
|
Upami ajeng nyarios teng telpon kedah diawali ngenggo
tembung punapa?
|
Halo
|
10
|
4
|
Supados mboten
awis pulsane, nyrios teng telpon kedah kepripun?
|
Singkat
|
10
|
5
|
Napa sebabe
Andi nelpon teng Erin?
|
Kelingan batur
bengen
|
10
|
VII.
Sumber
Belajar dan Media
Sumber
belajar:
1.
Genau Basa Lan Sastra Cerbon Kangge SD/MI Kelas IV, Muadim WT,
Media:
1. Visual
2. Papan
tulis
Cirebon, Desember 2012
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru Mata Pelajaran
......................................... ........................................
NIP: NIP.